Sulawesi Barat Menyongsong Indonesia Emas 2045



Irsyad Fajrianto |

2015-03-30 | Dikunjungi: 3098 Kali
Sulawesi Barat merupakan hasil pemekaran dari provinsi Sulawesi Selatan. Provinsi yang di bentuk 5 Oktober 2004 ini menjadi salah satu provinsi termuda di Indonesia yang didalamnya terdapat 6 kabupaten yakni kabupaten Polewali Mandar , kabupaten Mamasa , kabupaten Mamuju Tengah , kabupaten Mamuju Utara ,kabupaten Majene dan kabupaten Mamuju yang sekaligus menjadi Ibu Kota dari provinsi Sulawesi Barat.

Sulawesi Barat boleh juga disebut sebagai Indonesia mini yang kaya akan suku dan budayanya , suku mayoritas di Sulawesi Barat antara lain Mandar, Bugis ,Jawa, Toraja , Makassar dan Suku lainnya dengan jumlah keseluruhan masyarakat Sulawesi Barat sebanyak 1.518.300 Jiwa (2010) dan luas wilayahnya 16.787,18 Km2 , jumlah pendudukan yang relative banyak untuk provinsi yang masih terbilang seumur jagung dan tentunya sebagai modal besar bagi Sulawesi Barat untuk menyongsong Indonesia Emas 2045.

Menyongsong Indonesia Emas 2045, diperkirakan ada banyak permasalahan dihadapi. Beberapa permasalahan yang sedang dihadapi Indonesia secara umum dan Sulawesi Barat secara khusus, yakni tidak adanya Grand desain pembangunan nasional yang berkelanjutan dalam pembangunan nasional. Terlebih dalam pembangunan nasional diperlukan gerak yang terpadu, jangka panjang dan berkelanjutan.

Dengan kondisi itu, pembangunan negeri ini tidak akan pernah berkelanjutan atau hanya akan terjadi bongkar pasang kebijakan . Tentang menyongsong Indonesia Emas 2045 itu berarti berbicara tentang Bonus demografi 2045, Bonus Demografi merupakan suatu kondisi dimana jumlah penduduk usia produktif (15 – 64 tahun) di suatu wilayah atau negara lebih besar dari jumlah penduduk tidak produktif (kurang dari 14 tahun dan diatas 65 tahun).

Artinya, proporsi penduduk yang produktif (yang bekerja/angkatan kerja) lebih besar dari yang tidak produktif (tidak bekerja), sehingga tingkat kebergantungan penduduk tidak produktif kepada penduduk yang produktif menjadi kecil. Dalam kata lain, Bonus Demografi adalah ledakan penduduk usia kerja dalam struktur umur masyarakat di suatu wilayah atau negara.

Bukan tidak mungkin Sulawesi Barat juga memiliki bagian dari Untuk memanfaatkan bonus demografi ini sebagai peluang bukan malah sebaliknya menjadi ancaman maka diperlukan sebuah terobosan baru yang bersifat visioner yang dilakukan oleh pemerintah guna meningkatkan kualitas potensi manusia di Sulawesi Barat secara khusus dan di Indonesia secara umum.

Dengan begitu, akan bisa bersaing dengan manusia dari luar Sulawesi Barat, salah satunya melalui sistem pendidikan yang mampu menjawab tantangan zaman, tenaga pendidik yang berkualitas dan tentu fasilitas pendidikan yang merata diseluruh pelosok daerah. Melalui proses pendidikan yang berkualitas tersebut diharapkan penduduk yang masuk dalam kategori usia produktif bisa berkualitas dan mampu mengelola seluruh kekayaan alam dengan baik dan bijaksana tanpa melupakan budaya Sulawesi Barat itu sendiri. Sehingga bisa mewujudkan tujuan nasional Negara Kesatuan Republik Indonesia yang termaktub dalam Preambule UUD 1945 . “Melette Diatonganan”.
Copyright @2011-2016 malaqbicom, All Rights Reserved :: Redaksi | Pedoman Media Siber | Iklan | Disclaimer