SDK: Infrastruktur Dasar Utama Meningkatnya Kesejahteraan Masyarakat.

Foto: SDK Bersama Tokoh Masyarakat Pasangkayu Kabupaten Mamuju Utara


Nasrullah | Pemimpin Redaksi

Lahir di Ujung Utara Mamuju. Pecinta Sheila on 7
2016-04-14 | Dikunjungi: 318 Kali
Pasangkayu (malaqbi.com) Suhardi Duka (SDK) melanjutkan agenda sosialisasinya di Kabupaten Mamuju Utara. Memanfaatkan dua hari terakhirnya di ujung utara Sulawesi Barat itu, Suhardi Duka berkunjung ke Enam titik di Enam tempat berbeda pula.

Pada hari Rabu (13/04), SDK mengawali anjangsana-nya di kampung nelayan yang terletak di kelurahan Pasangkayu Mamuju Utara. Di tempat itu, SDK berkesempatan berdialog langsung dengan sejumlah masyarakat nelayan yang ada di lokasi tersebut.

Ia pun berkomitmen untuk mengupayakan peningkatan kesejahteraan nelayan khususnya yang ada di Mamuju Utara.Di sela-sela dialognya dengan nelayan, SDK mengatakan, peningkatan kualitas ekonomi nelayan dapat diwujudkan dengan cara meningkatkan kualitas alat tangkap yang digunakan oleh nelayan itu sendiri.

"Saya tidak berjanji, tapi jika nanti saya menjadi Gubernur, saya berkomitmen untuk meningkatkan kualitas alat tangkap yang digunakan nelayan. Kalau dulunya hanya menggunakan perahu kecil dengan alat tangkap seadanya saja, maka jika nanti kalau saya terpilih, kita akan tingkatkan, memberikan bantuan kapal lengkap dengan mesin, lengkap dengan alat tangkap yang lebih modern lagi. Dengan begitu, saya yakin kualitas ekonomi masyarakat nelayan bisa kita tingkatkan. Saya yakin dapat mewujudkan hal itu sebab dua periode saya Bupati di Mamuju, itu yang saya lakukan kepada nelayan yang ada di Mamuju," jelas SDK di hadapan para nelayan.

Meski berlangsung singkat, namun pertemuan antara SDK dengan para nelayan hari itu cukup efektif. Proses dialog berlangsung efektif, terlebih dengan balutan suasana kekeluargaan terasa begitu kental pada silaturrahmi yang dipusatkan di pinggir pantai.

Tuntas di kampung nelayan, SDK melanjutkan agenda silaturrahminya di salah satu titik di Kecamatan Bambalamotu. Ratusan masyarakat setempat terlihat memadati lokasi pertemuan yang dipusatkan di sisi jalan trans Sulawesi itu.

Di tempat ini, SDK lebih banyak berbicara soal penigkatan insfrastruktur dan ekonomi masyarakat. Di hadapan ratusan masyarakat yang sempat hadir, SDK menjelaskan, salah satu kunci terwujudnya kesejahteraan masyarakat adalah infrastrktur serta ekonomi tentunya.

"Infrastruktur adalah dasar utama dari meningkatnya kesejahteraan masyarakat. Bagaimana infrastruktur jalan, jembatan serta fasilitas umum lainnya kita perbaiki. Termasuk fasilitas kesehatan, itu juga yang tak boleh kita lupakan. Sarana pendidikan pun demikian. Itu penting dalam upaya kita meningkatkan kesejahteraan masyarakat kita. Kemudian bagaimana memastikan agar sumber-sumber penghidupan ekonomi masyarakat dapat kita jamin keberadaannya. Apapun potensi yang ada di masyarakat, itu yang wajib kita pelihara, wajib kita tingkatkan bersama," terang SDK.

Malam harinya, Bupati Mamuju dua periode itu melanjutkan agenda sosialisasinya di Desa Malei, Kecamatan Pedonda. Pada silaturrahmi yang dipusatkan di lapangan sepak bola desa setempat, SDK mengajak seluruh masyarakat ikut dalam gerbong pemenangannya di Pemilukada Sulawesi Barat nanti. Ia berkomitmen untuk mewujudkan jaminan kesehatan masyarakat yang benar-benar nyata.

"Serta komitmen saya untuk mewujudkan manusia yang berkualitas di Sulbar ini. Caranya ?. Saya mengedepankan aspek pendidikan sebagai salah satu prioritas kerja jika nanti saya tetrpilih. Tidak boleh ada anak usia sekolah di Sulbar ini yang tak mengenyam pendidikan hanya karena alasan biaya. Begitu pula bagi mereka yang melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi negeri, itu kita akan beri subsidi.

Lepas dari Pedonda, SDK melanjutkan aktivitasnya di kediaman salah satu tokoh masyarakat Pasangkayu, Mamuju Utara, Syafruddin. Beliau dikenal sebagai salah satu penasehat Laskar Pemuda Matra, gerbong relawan pemenangan pasangan calon Bupati/Wakil Bupati Andullah Rasyid dan Marigun Rasyid pada Pemilukada Desember silam.

Pada kesempatan itu, Syafruddin menyampaikan komitmennya untuk membawa mesin laskar Pemuda Matra bergabung ke gerbong pemenangan SDK di Pemilukada Sulawesi Barat, Februari 2017 mendatang.

"Soal Pilkada Matra silam, kita memang belum sempat mengecap kemenangan. Meski begitu, Laskar Pemuda Matra ini tidak boleh vakum. Dengan selesainya Pikada Matra, maka saya berkomitmen untuk menjadikan Laskar Pemudan Matra ini untuk ikut berjuang memenangkan Pak SDK di
Pilgub mendatang," tegas Syafruddin yang disambut riuh tepuk tangan ratusan peserta pertemuan yang didominasi para Laskar Pemuda Matra malam itu.

SDK sendiri menyambut positif pernyataan dukungan dari Laskar Pemuda Matra tersebut. Menurutnya, meski gagal mendudukkan pasangan Abdullah Rasyid dan Marigun Rasyid di kursi Bupati dan Wakil Bupati Matra, namun untuk momentum Pemilukada Sulawesi Barat mendatang, Laskar Pemuda Matra akan merasakan manisnya kemenangan.

"Tapi, hal itu hanya akan terwujud jika kita semua bekerja keras secara bersama-sama. Malam ini saya sangat berbahagia karena Laskar Pemuda Matra telah menyatakan sikapnya untuk bergabung dengan gerbong saya. Jika nanti saya terpilih, maka saya berjanji akan kembali datang ke sini, untuk melantik Laskar Pemuda Matra sebagai bahagian dari pemerintahan yang saya pimpin nantinya. Bagaimana teman-teman mengawal secara aktif bagaimana pemerintahan yang akan saya pimpin," kata SDK.

"Mulai detik ini, segala perbedaan yang pernah ada di Pilkada Matra yang lalu mari kita lupakan. Tidak ada lagi sekat-sekat soal pilihan politik di Pilkada kemarin. Sekarang kita semua menyatu, teman-teman di Agus Ambo Jiwa, teman-teman di Abdullah Rasyid, mulai hari ini kembali menyatu untuk bersama-sama saya di Pilkada Gubernur nantinya," sambung SDK.

Keesokan harinya, Kamis (14/04), SDK kembali melakoni aktivitas silaturrahmi dengan berkunjung ke dua titik di Kecamatan Duripoku, Mamuju Utara. Masing-masing di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Ar-rusna, Desa Saptanajaya, serta di dusun Ikautama.

Pada pertemuan yang digelar di lokasi pondok pesantren Miftahul Ulum Ar-rusna, ratusan masyarakat setempat yang sempat hadir juga menyatakan komitmennya untuk ikut mengambil peran aktif dalam memenangkan SDK di Pemilukada Sulawesi Barat mendatang.

SDK pun merespon dukungan dari masyarakat tersebut yang dibuktikannya dengan memberikan bantuan anggaran untuk melanjutkan proses pembangunan pondok pesantren Miftahul Ulum Ar-rusna di serta Masjid Babul Jannah di Dusun Ikautama. (*)
Copyright @2011-2016 malaqbicom, All Rights Reserved :: Redaksi | Pedoman Media Siber | Iklan | Disclaimer