Penyaluran Dana Stimulan, Pemkab Mamuju Akan Sediakan Gerai Vaksin

Malaqbi.com | Redaksi

2021-10-14 | Dibaca: 44
MAMUJU (malaqbi.com) Sebagai upaya pemerintah Daerah Kabupaten Mamuju dalam meningkatkan jumlah vaksinasi,
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mamuju Taslim menghimbau seluruh masyarakat yang akan menerima dana stimulan pasca gempa agar segera melakukan vaksin. Sebab nantinya, salah satu syarat bagi penerima bantuan memiliki sertitifikat vaksin.

Diketahui vaksinasi di Kabupaten Mamuju saat ini masih tergolong rendah, dimana masih berada dikisaran 27,57 persen sesuai data Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) per 11 Oktober 2021.

Dikatakan Taslim dalam pembagian dana stimulan nanti, BPBD  Mamuju akan menggandeng sejumlah pihak sehingga di titik lokasi akan disediakan gerai vaksinasi.

“Nantinya, sebelum pembagian dana stimulan, kita sarankan dulu masyarakat untuk vaksin. Ini juga sebagai upaya kita untuk menggenjot vaksinasi di Mamuju yang masih rendah,”ucap Taslim saat ditemui sejumlah media usai menghadiri vaksin massal yang diselenggarakan Polda Sulbar di Lapangan Ahmad Kirang, Mamuju pada Rabu 13 Oktober 2021

Dikatakan Taslim persyaratan tersebut sesuai dengan tindak lanjut dari Peraturan Presiden Nomor 14 Tahun 2021 yang diterima melalui edaran pada Selasa malam. Sehingga jika terdapat masyarakat yang memiliki riwayat penyakit yang terkendala melakukan vaksin, agar menunjukkan surat keterangan dokter atau telah melalui proses skrining pada gerai vaksin.

“Ada proses skrining nantinya atau bisa juga surat keterangan kalau memang punya penyakit khusus yang menyatakan tidak bisa divaksin,”ucap Taslim.

Untuk itu ia berharap, masyarakat dapat antusias dan tidak memercayai hoaks tentang vaksin yang beredar.

Melalui kesempatan itu, Taslim juga meminta masyarakat untuk terus melaksanakan protokol kesehatan serta tetap mematuhi 5 M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, mengurangi mobilitas, dan menjauhi kerumuman).

“Marilah kita bersama-sama mendukung ini, sebab kalau memang vaksin bermasalah kami semua yang sudah vaksin lebih dulu pasti kena dampak. Vaksin itu sebenarnya sangat berdampak positif, terutama dalam membangun imun kita,” cetus Taslim. (Nas)
Copyright @2011-2019 malaqbicom, All Rights Reserved :: Redaksi | Pedoman Media Siber | Iklan | Disclaimer