Pemprov Sulbar Terus Ajak Petani Kembangkan Kakao

Kakao dapat mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional, jika kesadaran masyarakat khususnya petani juga meningkat


Malaqbi.com | Redaksi

2016-08-21 | Dikunjungi: 751 Kali

Dinas Perkebunan Sulawesi Barat mengajak para petani untuk mengembangkan tanaman kakao untuk meningkatkan kesejahteraan petani di daerah ini.

Minat petani dalam mengembangkan kakao mesti ditingkatkan terus menerus melalui program pelatihan budi daya kakao untuk meningkatkan kesejahteraan petani di daerah ini, kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perkebunan Sulbar Ir Tanawali, di Mamuju, Minggu.

"Salah satu kendala mengembangkan kakao adalah karena minat petani mengembangkan kakao masih sangat rendah," katanya lagi.

Dia mengatakan, minat petani di Sulbar mengembangkan kakao mesti terus ditingkatkan dengan mengubah "mindset" atau pola pikir mengenai kakao.

"Kakao adalah komoditas yang menjanjikan untuk dikembangkan karena bernilai ekonomi tinggi, dan mampu menyejahterakan masyarakat, selama ini petani belum begitu mengembangkan kakao tersebut karena dianggap tidak menjanjikan bagi peningkatan kesejahteraannya," katanya pula.

Karena itu, katanya lagi, Pemprov Sulbar segera mendorong peningkatan minat budi daya kakao itu dengan sosialisasi dan pelatihan untuk mengubah pola pikir masyarakat agar terus mengembangkan kakao.

"Kakao dapat mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional, jika kesadaran masyarakat khususnya petani juga meningkat untuk mengembangkan kakao," katanya lagi.

Ia menyampaikan permintaan kakao semakin tinggi khususnya dari negara dengan tingkat komsumsi kakao tinggi, seperti di Swiss dan Italia.

"Peluang memproduksi kakao sangat besar karena dukungan pemerintah dan juga pasar yang jelas karena permintaan tinggi, sehingga petani seharusnya tetap mengembangkan komoditas tersebut," kata dia pula. (ANT)


Copyright @2011-2016 malaqbicom, All Rights Reserved :: Redaksi | Pedoman Media Siber | Iklan | Disclaimer