Mamuju Terjadi Inflasi 23 Persen Hampir Disebapkan Seluruh Komponen

Nasrullah | Pemimpin Redaksi

Lahir di Ujung Utara Mamuju. Pecinta Sheila on 7
2019-12-02 | Dibaca: 50
MAMUJU (malaqbi.com) Untuk kondisi November 2019 dari hasil indeks harga konsumen di Kabupate Mamuju yang merupakan kota inflasi di Provinsi Sulawesi Barat, memberi gambaran bahwa terjadi infalsi sebesar 0,23 persen.

Demikian yang disampaikan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Win Rizal usai digelar pres release di Lantai 2 Aula Gedung BPS Sulbar, Senin 2 November 2019, Jl RE Martadinata, Kecamatan Simboro dan Kepulauan, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat.

"Memang angka ini lebih besar daripada inflasi yang terjadi di bulan Oktober yang lalu sebesar 0.14, sehingga sampai dengan bulan November ini inflasi tahun kaleder kita adalah sebesar 0,73 persen untuk untuk inflasi di Mamuju,"jelas Win Rizal

Penyebab utama inflasi yang terjad di Mamuju sebesar 23 persen kata dia, itu disebakan hampir seluruh kelompok seperti makanan, bahan makanan, dan sebagainya, terkhusus kelompok ikan dan sebagainya. 

"Adapun untuk deflasi, memang ada juga komponen deflasi. Jadi dari 7 kelompok pengeluaran itu 6 kelompok pengeluaran mengalami inflasi , dan 1 kelompok pengeluaran yaitu komunikasi, tranportasi, itu yang mengalami deflasi,"jelasnya

Hal itu kata dia disebapkan oleh menurunnya tarif angkutan udara, yang diduga selama ini terlajur cukup tinggi sehingga secara gradual mengalami penurunan. Namun secara agregat untuk inflasi kota Mamuju secara umum terjadi inflasi.  

Seperti yang tertuang dalam siaran pers BPS Sulbar, inflasi di Mamuju pada bulan November 2019 disebabkana adanya peningkatan harga yang ditunjukkan oleh peningkatan indeks harga pada enam kelompok pengeluaran, masing-masing kelompok bahan makanan 0,80 persen; makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau 0,32 % ; perumahan, air,listrik, gas dan bahan bakar 0,09 %; sandang 0,11 persen; kesehatan 0,02 persen; dan kelompok pendidikan,rekreasi dan olahraga 0,01 persen.
 
Berdasakan hasil survei konsumen di 82 kota di Indonesai, pada buan November 2019, Mamuju dengan inflasi sebesar 0,23 persen menempati urutan ke 34 dari 57 kota mengalam deflasi. Sementara untuk inflasi tertinggi terjadi di Manado sebesar 3,30 persen dan terendah terjadi di Malang yang sebesar 0,01 peren. (Nas) 
Copyright @2011-2019 malaqbicom, All Rights Reserved :: Redaksi | Pedoman Media Siber | Iklan | Disclaimer