Miss Indonesia 2014 Asal Sulbar Raih Penghargaan Internasional



Ikhsan Habir |

2015-02-11 | Dikunjungi: 1853 Kali
Jakarta - Miss Indonesia 2014 Maria Asteria Sastrayu Rahajeng meraih penghargaan internasional kategori "Beauty with a Purpose" (Kecantikan yang Bertujuan) di London, Inggris.

"Saya bersyukur bisa terpilih dalam "Beauty with a Purpose" dengan kegiatan membangun jembatan di Banten. Itu pengalaman yang menakjubkan," kata Maria yang merupakan perwakilan Sulawesi Barat saat mengikuti ajang pemilihan Miss Indonesia 2014, Jakarta, Selasa.

Maria mengatakan kategori "Beauty with a Purpose" dimenangi melalui proyek yang berjudul "Bridge for Better Life".

Proyek itu, lanjutnya, telah berhasil mencuri penilaian dewan juri di ajang Miss World 2014 yang berkaitan dengan hal kecantikan yang berdampak bagi sesama dan lingkungan.

Ia mengatakan proyek itu merupakan suatu kegiatan sosial dan amal yang berupa pembangunan jembatan di Kabupaten Lebak, Banten atas dasar kepedulian terhadap sesama yang mengalami kesulitan menyeberangi sungai untuk dapat beraktifitas sehari-hari seperti bersekolah dan bekerja.

Ia mengatakan pembangunan jembatan itu menghabiskan dana Rp160-an juta dengan menghimpun bantuan sosial melalui media seperti facebook, twitter dan instagram. Pihaknya juga bekerja sama dengan sejumlah perusahaan di Indonesia untuk mendanai pembangunan itu.

"Proyek ini kita mulai sejak Juli 2014. Kita butuh dua setengah bulan untuk menyelesaikan proyek ini," kata perempuan kelahiran 3 Oktober 1991 itu.

Ia mengatakan sebelum pembangunan dilakukan, pihaknya melakukan survei ke Lebak terkait kondisi di lapangan. Ia juga melibatkan relawan kampung untuk bersama-sama membangun jembatan.

"Kesulitan gak ada ya, tantangannya cuaca, karena waktu itu musim hujan. Tapi mengaduk semen, kerja di bawah terik matahari itu gak masalah buat saya," ujar lulusan Universitas Pelita Harapan itu.  

Dalam ajang internasional itu, Maria juga memperoleh banyak pembelajaran seperti belajar menjadi diri sendiri, disiplin, kemandirian, dan jaringan.

"Kita harus "tough", kuat mental dan fisik dan pastinya kita harus menikmati semua "moment"," ujar dia.

Ia berpesan untuk setiap kontestan Miss Indonesia 2015 supaya percaya pada diri dan kemampuan yang dimiliki, membuka diri untuk semua hal baru yang positif, selalu belajar serta menikmati proses yang harus dilewati.

Sementara itu, Ketua Organisasi Miss Indonesia Liliana Tanoesoedibjo mengatakan "Beauty with a Purpose" merupakan suatu perwujudan kecantikan wanita bahwa cantik itu bukan cuma penampilan tetapi cantik juga berasal dari kepribadian dan tindakan atau "inner beauty" untuk menunjukkan kasih kepada sesama dan lingkungan.

"Beauty with a Purpose" dengan membangun jembatan di Banten ini merupakan wujud "care" dengan lingkungan," kata Liliana yang juga Ketua Dewan Juri Miss Indonesia.

Ia mengatakan "Beauty with a Purpose" akan menjadi salah satu target untuk kompetisi di Miss World 2015 sehingga pihaknya akan mencari ide-ide kreatif untuk dapat membantu sesama sekaligus merebut penilaian juri di Miss World 2015 yang akan digelar di Bali.

"Kita berhasil memenangkan "Beauty with a Purpose" di Miss World 2014. Tentu itu juga menjadi target kita untuk Miss World 2015," ujarnya. (ant)

Copyright @2011-2016 malaqbicom, All Rights Reserved :: Redaksi | Pedoman Media Siber | Iklan | Disclaimer