Komunitas Tim Jaga Maleo Sulbar, Membuat Hatchery Telur Maleo

Malaqbi.com | Redaksi

2022-08-06 | Dibaca: 95
MAMUJU (malaqbi.com) Burung maleo merupakan salah satu jenis burung khas Sulawesi yang saat ini sudah
hampir punah. Terkhusus di Provinsi Sulawesi Barat.

Tepat di Desa Tapandullu Kecamatan Simboro Kabupaten Mamuju, kita masih bisa menjumpai burung Maleo meski sangat sulit.

Sebagai upaya menjaga habitat Maleo agar tetap ada, Komunitas Tim Jaga Maleo Sulbar, berinisiatif membuat hatchery telur burung Maleo untuk ditetaskan.

Ketua Komunitas Tim Jaga Maleo Sulbar, Mubarak saat ditemui di hatchery telur burung Maleo yang terletak di Desa Tapandullu, mengaku sebangak 12 butir telur maleo yang didapatkan dari warga setempat sudah siap ditetaskan dan nantinya akan dilepas ke alam bebas.

"Kalau berhasil menetas, maka akan dilepaskan. Ini merupakan aksi untuk menjaga kelestarian maleo agar tidak langka,"kata Mubarak

Mubarak yang merupakan alumni IAIN Pare-Pare ini mengaku aksi menjaga kelestarian burung Maleo ini sudah dilakukan selama kurang lebih 2 bulan bersama rekannya Abdullah, juga tak telepas dari dukungan Fotografer Yusuf Wahil dan Budayawan Ridwan Alimuddin

Upaya penangkaran telur burung maleo ini kata Mubarak, dilakukan agar bagaimana burung maleo ini tetap terjaga kelestariannya dan tidak punah, dengan cara mengedukasi masyarakat setempat agar tidak lagi memperjual belikan telur Maleo.

"Alhamdulillah masyarakat sudah mulai mengerti bagaimana menyelematkan telur maleo ini sehingga tidak punah, anak-anak yang biasa nya berburu telur maleo juga kita libatkan disini sehingga nantinya dia juga merasa memiliki. Edukasi edukasi sederhana seperti itu kita lakukan,"pungkas Mubarak (Nas) 
Copyright @2011-2019 malaqbicom, All Rights Reserved :: Redaksi | Pedoman Media Siber | Iklan | Disclaimer