Andi Rita Mariani: GDPK Sangat Penting Untuk Proyeksi Data Kependudukan

Nasrullah | Pemimpin Redaksi

Lahir di Ujung Utara Mamuju. Pecinta Sheila on 7
2019-11-29 | Dibaca: 62
MAMUJU (malaqbi.com) Grand Design Pembangunan Kependudukan (GDPK) adalah sebuah dokumen yang menjadi salah satu acuan dalam penyusuna Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Hal itu disampaikan Kepala BKKBN Provinsi Sulawesi Barat, Andi Rita Mariani dalam konferensi persnya yang berlangsung di ruang rapat Masannang, Lantai 2 Gedung BKKBN Sulbar, Jumat 29 November 2019.

"Grand Design ini adalah hal sangat penting, makanya itu harus di desain. Kemudian ini menggunakan data proyeksi, salah satu contoh saya berikan karena ini memang bukan digunakan lima tahun tapi bisa sampai 25 tahun,"jelas Andi Rita

Ia mencontohkan pada tahun 2020 itu akan dilakukan sensus penduduk. Salah satu conto misalnya Sulawesi Barat saat ini memiliki jumlah penduduk berkisar 1,5 juta penduduk, lima tahun kedepan kita akan mampu melihat jumlah penduduk produktif Sulbar, sehingga melalui data tersebut pemerintah akan memiliki acuan untuk melakukan intervensi.

"Kalau misalnya dia produktif tentu akan menjadi modal pembangunan, tetapi kalau tidak yaitulah yang harus di intervensi,"ucap Andi Rita

GDPK kata Rita, bukan hanya milik BKKBN tetapi milik pemerintah daerah, ledingsektor nya adalah BAPPEDA serta melibatkan seluruh istansi terkait. BKKBN hanya mempasilitasi, melalui pendampingan. (Nas)

Copyright @2011-2019 malaqbicom, All Rights Reserved :: Redaksi | Pedoman Media Siber | Iklan | Disclaimer