Kedes Buku Kecamatan Mapilli, Polman, Di Periksa OmBudsman Sulbar

Foto: Kepala Perwakilan Ombudsman RI Sulbar, Lukman Umar saat melakukan pemeriksaan terhadap Kepala Desa Buku Aminuddin


Nasrullah | Pemimpin Redaksi

Lahir di Ujung Utara Mamuju. Pecinta Sheila on 7
2017-08-15 | Dikunjungi: 116 Kali
MAMUJU (malaqbi.com) Kepala Desa Buku, Kecamatan Mapilli, Kabupaten Polewali Mandar, Aminuddin, diadukan masyarakat ke Ombudsman RI perwakilan Sulawesi Barat. Hal dilakukan lantaran Kades tersebut dinilai melakukan tindakan maladministrasi berupa penyimpanan prosedur yang dinilai tidak trasparan dalam penggunaan dana desa.

Tak hanya itu, Aminuddin, juga diduga melakukan pemalsuan dokumen berita acara musyawarah penetapan titik lokasi pengerjaan proyek desa serta dugaan mark up anggaran pengerjaan talud Desa Buku, senilai RP 600.000.000, pada tahun 2016 silam.

Berdasarkan hasil pemeriksaan dan klarifikasi, Aminuddin, di Kantor OmBudsman Sulbar, pengerjaan talud Desa Buku tidak sesuai mekanisme prosedur, sementara menggunakan anggaran besar bahkan diduga terjadi mark up anggaran dalam penetapan RAB kegiatan, selain itu, berita acara penetapan titik lokasi terjadi manipulasi data berupa pemalsuan tanda tangan, serta dalam melaksanakan kegiatan pengelolaan anggaran dana desa tidak melakukan koordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Polman.

Selain itu, Laporan Pertanggung Jawaban, penggunaan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa diduga terjadi manipulasi data, termasuk temuan sejumlah pengerjaan rabat beton dan dekker di beberapa Dusun lingkup Desa Buku yang tidak sesuai RAB. Ungkap Bob Jafar Asisten Ombudsman RI Sulbar, Selasa (15/08/17)

Selembagaan Ombudsman RI Sulbar menyarankan kepada Bupati Polewali Mandar, agar menurunkan Tim Audit Inspektorat Kabupaten Polman, untuk melakukan proses tindak lanjut.

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Sulbar, Lukman Umar, Mengatakan, sebagai bentuk pembinaan pihaknya telah menyampaikan saran perbaikan kepada Bupati Polman, agar Kepala Desa, terebut diberikan sanksi sebagaimana mestinya.

"Kami sudah menyampaikan Saran perbaikan kepada bupati Polman, terkait tindak lanjutnya kita tunggu saja prosesnya, yang jelas Desa Buku tetap masuk dalam pengawasan kami, dan jika melalui upaya persuasif tidak ada upaya perbaikan, secara kelembagaan Ombudsman RI Sulbar akan mengeluarkan Rekomendasi."Jelas Lukman Umar (**)
Copyright @2011-2016 malaqbicom, All Rights Reserved :: Redaksi | Pedoman Media Siber | Iklan | Disclaimer