KAMI Wilayah Sulbar Gelar Dialog Terkait Omnibus Law

Nasrullah | Pemimpin Redaksi

Lahir di Ujung Utara Mamuju. Pecinta Sheila on 7
2020-01-14 | Dibaca: 107
MAMUJU (malaqbi.com) Saat ini pemerintah sudah menggodok Omnibus Law demi mengatur kemudahan Investasi di Indonesia. Ada 3 hal yang dibahas, yaitu mengenai perpajakan, cipta lapanagan kerja (cilaka) dan usaha kecil  mikro, dan menengah (UMKM. Jika regulasi ini berlaku, sebanyak 74 undang-undang yang berlaku sebelumnya tak perluh lagi digubris. 

Mengingat bahwa Omnibus Law yang sebentar lagi akan dibahas oleh DPR RI, Komunitas Aktivis Muda Indonesia (KAMI) Provinsi Sulawesi Barat, Selasa 14 Januari 2020, bertempat di Warkop 89, Jl Andi Makkasau, Kelurahan Karema, menggelar dialog Publik yang mengusung tema "Urgensi Omnibus Law Menuju Indonesia Jaya"

Ketua KAMI Wilayah Sulbar, Ashari Rauf dalam sambutannya mengatakan, omnibus law, merupakan upaya penyederhanaan regulasi. Ada suatu undang-undang yang mungkin dibicarakan untuk menyasar isu-isu strategis dan menyederhanakan. 

"Jadi memang ada berapa undang-undang yang kemudian disatukan menjadi satu sehingga ini kemudian diperbincangkan juga disetiap daerah. Saya kira kita di Sulawesi Barat ini akan mendiskusikan ini seperti apa nanti sasaran dan tujuan akhirnya."kata Ashari

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Sulawesi Barat, Drs. Maddareski Salatin, dalam pemaparan materinya menuturkan, proses omnibus law ini masih dalam tahap penyelesaian. Informasi yang kami dapatkan melalui media sosial ini nanti pada tanggal 16 rencananya akan diserahkan ke DPR RI.

"Yang menjadi masalah disini yang belum rampung itu masalah ketenagakerjaan. Kalau tidak salah ada 11 klaster yang akan dilakukan penyatuan beberapa regulasi-regulasi, yang pada akhirnya nanti ada regulasi yang mengakomodir beberapa regulasi yang ada."ucap Maddareski

 Lebih lanjut Maddareski menuturkan, Informasi yang kami terima kurang lebih 1300 pasal akan dibuat satu regulasi yang baru, terkhusus di ketenagakerjaan yang kita kenal disini adalah undang-undang cipta lapangan kerja, yang sekarang ini masih dalam penggodokan."ucapnya
 
Untuk diketahui, Omnibus Law adalah konsep produk hukum yang merangkum semua hukum yang diperlukan untuk satu isu atau topik tertentu. kata Omnibus Law bersal dari bahasa latin yang artinya "untuk semuanya". Ketika Omnibus Law berlaku,semua hukum lain yang mengatur topik atau isu yang sama akan otomatis gugur. (Nas) 
Copyright @2011-2019 malaqbicom, All Rights Reserved :: Redaksi | Pedoman Media Siber | Iklan | Disclaimer