Fermentasi Kakao Sulbar Lebih Unggul

Dibandingkan dengan negara luar, teknologi fermentasi kakao Sulbar justru lebih baik dalam rangka meningkatkan kualitas kakao


Nasrullah | Pemimpin Redaksi

Lahir di Ujung Utara Mamuju. Pecinta Sheila on 7
2016-08-22 | Dikunjungi: 317 Kali

Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat membanggakan fermentasi kakaonya yang dapat lebih menghasilkan kakao berkualitas dibandingkan negara luar.

"Dibandingkan dengan negara luar, teknologi fermentasi kakao Sulbar justru lebih baik dalam rangka meningkatkan kualitas kakao, sehingga kakao Sulbar berkualitas baik meskipun belum dikenal negara luar karena kurang promosi," kata pelaksana tugas Dinas Perkebunan Provinsi Sulbar, Ir Tanawali di Mamuju, Minggu.

Ia mengatakan, Sulbar telah membangun unit pengolahan kakao (UPH) yang disertai gudang fermentasi dan lantai jemur kakao.

"Dengan teknologi itu maka hasil kakao Sulbar lebih baik dari negara lain yang selama ini membanggakan hasil kakaonya seperti negara Swiss, negara itu belum memiliki dan melakukan fermentasi kakao secanggih pabrik yang dimiliki Sulbar," katanya.

Menurut dia, salah satu negara yang mampu menyaingi teknologi fermentasi kakao di Sulbar hanyalah negara Italia yang juga akan mengundang pemerintah di Sulbar membahas mengenai pengolahan kakao dan akan menjalin kerjasama.

"Sulbar memiliki unit pengelolahan UPH yang dibangun di Desa Batu Ampat, Kecamatan Papalang, Kabupaten Mamuju dan di Desa Pulliwa, Kecamatan Bulo, Kabupaten Polewali Mandar (Polman) yang dibangun menggunakan alokasi dana APBN," ujarnya.

Ia mengatakan, UPH yang dimiliki tersebut akan terus dikembangkan pemerintah di Sulbar dengan meningkatkan kualitasnya sehingga kakao Sulbar ke depan dapat terus dikembangkan dan bernilai ekonomi tinggi karena memiliki kualitas tinggi.(ANT)


Copyright @2011-2016 malaqbicom, All Rights Reserved :: Redaksi | Pedoman Media Siber | Iklan | Disclaimer