Dinkes Sulbar Gelar Pertemuan Pemutakhiran Data Kesehatan

Untuk mendapat data jumlah penduduk sasaran program pembangunan kesehatan diperlukan data proyeksi jumlah penduduk dimasa akan datang


Malaqbi.com | Redaksi

2016-06-25 | Dikunjungi: 809 Kali
Untuk mensinkronasi data kesehatan di Sulawesi Barat, Pemerintah Provinsi melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setiap tahunnya menggelar pertemuan dengan peserta dari Kabupaten serta BPS untuk mensuskseskan pemutakhiran data kesehatan.

Kepala Dinas Kesahatan Provinsi Sulawesi Barat, dr Ahmad Aziz mengatakan, pertemuan ini bertujuanuntuk mengimpun data dari berbagai sumber serta untuk mengidentifikasi permasalahan pengelolaan data informasi.

"Dari situ, kita mencari upaya untuk mengatasi masalah tersebut baik di tingkat kabupaten maupun di tingkat provinsi," kata dr Ahmad di Mamuju, Sabtu (25/06).

Pada kesempatan ini, pihak Badan Pusat Statistik juga hadir sebagai salah setu lemabaga yang memiliki data termasuk data kesehatan.

Kepala BPS Sulawesi Barat, Suntono memaparkan beberapa data tentang proyeksi pertumbuhan jumlah penduduk dimasa akan datang.

"Untuk mendapat data jumlah penduduk sasaran program pembangunan kesehatan diperlukan data proyeksi jumlah penduduk dimasa akan datang," papar Suntono.

Misalnya, untuk tingkat kelahiran, kematian dan migrasi di masa akan datang harus dibuat berdasarkan data yang menggambarkan tren masa lalu dan saat ini.

Dari pertemuan ini, beberapa data berhasil dihimpun diantaranya, data-data profil kesehatan dari 5 kabupaten dari 6, sata SPM bidang kesehatan data dasar Puskesmas dan formulir desk. (dh)
Copyright @2011-2016 malaqbicom, All Rights Reserved :: Redaksi | Pedoman Media Siber | Iklan | Disclaimer