BPS Sulbar: Kualitas Data Statistik Juga Tergantung OPD

Usai pembukaan rapat evaluasi oleh BPS Sulbar di ruang multifungsion d maleo hotel Mamuju


Nasrullah | Pemimpin Redaksi

Lahir di Ujung Utara Mamuju. Pecinta Sheila on 7
2017-12-07 | Dikunjungi: 71 Kali
MAMUJU (malaqbi.com) Pembangunan merupakan proses menuju arah yang lebih baik, sehingga penyusunan perencanaan harus didukung dengan data yang berkualitas, tanpa data dan informasi yang akurat maka perencanaan menjadi tidak tepat sasaran, tidak tepat kebijakan dan rentan pemborosan anggaran. Dengan itu keberadaan data yang berkualitas sangat penting. 

"‚ÄéRapat teknis daerah kali ini dimaksudkan untuk melakukan evaluasi dan konsolidasi dari penyelenggaraan sensus dan survei sepanjang tahun 2017,"kata Wakil Gubernur Sulbar, Enny Anggraeny saat menyampaikan sambutan pada acara rapat evaluasi BPS Sulbar, Kamis (7/12/2017)

BPS sebagai lembaga fertikal, kata Enny, hadir di daerah untuk memenuhi kebutuhan data secara nasional, juga untuk memenuhi kebutuhan data di tingkat daerah. Agar data yang dihasilkan dalam konteks lapangan berkualitas, maka evaluasi dan konsolidasi menjadi suatu keharusan. Evaluasi untuk memperbaiki kesalahan yang dihadapi sedangkan konsolidasi dimaksudkan untuk membangun kekuatan kebersamaan serta sinergi. Untuk mencapai visi Sulawesi Barat yang maju dan malaqbi hanya akan tercapai manakala dasar pijakannya data berkualitas. 

Sementara itu ditempat yang sama, Kepala BPS Sulbar, Suntono, mengatakan BPS tidak dapat bekerja sendiri, meski didukung seluruh OPD (organisasi prangkat daerah), karena statistik ada 3 pilar besar yakni statistik sektoran statistik dasar dan statistik khusus.

"Kalaupun statistik dasar itu baik kualitasnya, yang diselenggarakan oleh badan dalam hal ini badan perusahaan statistik, itu tidak cukup bisa memuaskan karena disana ada statistik sektor di-OPD yang perlu juga kita kuatkan"jelasnya
             
Jebih lanjut ia mengatakan, staistik sektor ada di OPD dan ada di teman-teman otonom, BPS harus bisa hadir memberikan penguatan kepada OPD agar penyelenggaraan statistik yang ada disana juga bisa dijamin kualitasnya. 

"Kalau dua duanya bisa berkualitas saya kedepannya akan menjadi lebih baik."ucap Suntono kepada sejumlah awak media. (Nas) 
Copyright @2011-2016 malaqbicom, All Rights Reserved :: Redaksi | Pedoman Media Siber | Iklan | Disclaimer