AJI Gelar UKJ Perdana Di Sulbar

AJI saat menggelar UKJ di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat


Nasrullah | Pemimpin Redaksi

Lahir di Ujung Utara Mamuju. Pecinta Sheila on 7
2018-02-07 | Dikunjungi: 49 Kali
MAJENE (malaqbi.com) Aliansi Jurnalis Independen (AJI) menggelar Uji Kompetensi Jurnalis (UKJ). Acara yang dilaksnakan selama 2 hari tersebut dilaksnakan di Aula Wisma Yumari, Majene, Jumat 2 Februari 2018.

UKJ perdana AJI Kota Mandar yang digelar di Provinsi Sulawesi Barat ini, diikuti  sebanyak 21 jurnalis dari berbagai daerah. 

Tim Penguji AJI Indonesia, Budi Santoso Budiman, mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk menilai, dan melihat serta mengukur sejauh mana kapasitas profesionalisme anggota AJI di Sulbar pada khususnya.

Adapun kategori peserta UKJ yang dilaksnakan ada 3 kriterisa, yakni dikategorikan jenjang muda, madia dan utama. 

"Karena jurnalis merupakan profesi yang mengabdi pada kepentingan publik. Makanya tetap harus dikontrol. Jurnalis harus punya kapasitas, kesadaran, pengetahuan, keterampilan dan etika.
 "Itu harus ditegakkan dalam aktivitas jurnalistik," ujarnya
Selain itu, ia juga mengatakan, UKJ juga bertujuan menilai kapasitas jurnalis di Sulawesi Barat khususnya di Majene. 

"Kami memberikan mereka kesempatan untuk diuji,"ucapnya

Lanjut ia menyampaikan secara tegas, agar jurnalis dalam menjalangkan tugasnya menjunjung tinggi profesionalisme dalam menjalangkan tugas-tugasnya sebagai kontrol sosial. 
Jurnalis dilarang menjadi plagiat, memeras dan apalagi memperjualbelikan berita untuk kepentingan pribadi. Termasuk membuat berita bohong dan memanipulasi fakta.
Jurnalis yang melanggar dapat disarankan untuk tidak diberikan rekomendasi menjadi jurnalis selamanya. 

Untuk diketahui, dari 26 pendaftar, hanya 21 peserta yang memenuhi syarat mengikuti UKJ. Lima calon peserta tidak bisa mengikuti UKJ karena berbagai alasan. Satu pendaftar tidak ikut lantaran sakit. Empat lainnya sudah mengikuti ujian kompetensi sebelumnya.
 "Diharapkan 21 peserta yang ikut, semuanya berkompeten," harapnya. (ice/Ed-Nas)
Copyright @2011-2016 malaqbicom, All Rights Reserved :: Redaksi | Pedoman Media Siber | Iklan | Disclaimer