1.556 CPNS CPNS Akan Latsar di Sulbar

Nasrullah | Pemimpin Redaksi

Lahir di Ujung Utara Mamuju. Pecinta Sheila on 7
2019-01-15 | Dibaca: 658

SULBAR (malaqbi.com) Sebanyak 1.566 CPNS se Sulawesi Barat (Sulbar) yang lulus seleksi pada 2018 lalu, rencananya akan mengikuti pelaksanan pelatihan dasar (latsar) atau prajabatan dengan kurikulum baru di Sulbar.

Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulbar Muhammad Idris, saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS dan Pengembangan Kompetensi Apratur Sipil Negara (ASN) tingkat Sulbar, yang berlangsung di ruang rapat lantai 2 Kantor Gubernur Sulbar, Jl. Abdul Malik Pattana Endeng, Selasa (15/1/2019).

“Saat saya konsultasi dengan otoritas terkait, saya menyarankan agar Sulbar dapat secara mandiri melakanakan Latsar CPNS tahun ini, maka Kepala LAN yang baru mengeluarkan aturan bahwa Lembaga Diklat pada pemerintahan yang sudah terbentuk, bisa melaksanakan Latsar CPNS walupun tidak terakreditasi,” terang Idris.

Meski demikian, lanjut Idris, berdasarkan aturan itu, maka pelaksanaan Latsar CPNS di Lembaga Diklat yang belum terakreditasi seperti di Sulbar saat inj, tatap dijamin oleh Lembaga Diklat terakreditasi yang terdekat.

"Kita tahu Lembaga Diklat disini tidak kuat karena belum terakreditasi, tapi saya jamin Latsar CPNS tahun ini kita bisa selenggarakan di Sulbar dan semoga dapat terlaksana pada Februari mendatang," katanya.

Terkait tempat pelaksanaan Latsar, Idris menyatakan masih akan mencari tempat yang dianggap representative dan mudah dikontrol dari aspek kualitas setelah dikakukan indentifikasi.

Untuk itu, mantan Deputi Bidang Diklat Aparatur LAN RI ini, menghimbau kepada Pemerintah Daerah (Pemda) se Sulbar untuk berkomitmen bersama melaksanakan Latsar CPNS 2019 tersebut.

Selain itu, Sekprov juga menyampaikan beberapa hal, yakni tentang gambaran pelaksanaan Latsar CPNS, dimana tahun ini akan dilaksanakan selama 51 hari.

Dengan rincian, 18 hari di tempat diklat, 30 hari di tempat kerja dan tiga hari ditempat Plt/TK. Sedangkan untuk masa percobaan ASN selama satu tahun.

Asisten Bidang Administrasi Umum Djamila mengatakan, rakor tersebut bertujuan untuk membicarakan persiapan pelaksanaan Latsar 2019 secara mandiri di Sulbar.

"Sudah sepatutnya Latsar ini kita laksanakan di Sulbar, mengingat daerah ini sudah memiliki BPSDM dan Balai Diklat yang terletak di Kecamatan Kalukku,”tutur Djamila. (ra/Nas) 

Advertorial

Copyright @2011-2019 malaqbicom, All Rights Reserved :: Redaksi | Pedoman Media Siber | Iklan | Disclaimer